Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, SALAM Gagas Kelautan Perikanan Terintegrasi

by
Calon Walikota Mataram, Hj Putu Selly Andayani, saat menyapa masyarakat pesisir di kawasan Pondok Prasi, Pantai Ampenan, Kota Mataram. Foto: Istimewa.

Mataram, suluhntb.com – Pasangan Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Mataram, Hj Putu Selly Andayani dan TGH Abdul Manan (SALAM), terus menyapa masyarakat Kota Mataram. Kali ini, turun menyapa masyarakat pesisir dan para nelayan.

Dalam kunjungannya itu berbagai aspirasi dan harapan masyarakat pun diserap dan akan diperjuangkan demi membangun Kota Mataram Berkah dan Cemerlang lima tahun ke depan. Tak peduli latar belakang, kemampuan ekonomi dan tingkat pendidikan. SALAM menilai selama mereka adalah warga Kota Mataram harus mendapatkan hak dan pelayanan yang sama dari pemerintah Kota Mataram.

“Kita coba ubah mindset, jangan sampai masyarakat pesisir dan para nelayan ini terabaikan dari perhatian. Agar tidak hingar bingar melulu oleh pusat perbelanjaan. Mataram punya garis pantai yang lumayan panjang dan di sana juga ada masyarakat pesisir dan nelayan yang punya hak yang sama untuk diperhatikan,” kata Hj Putu Selly Andayani, Senin (28/9) sore, saat melihat  kawasan Pondok Prasi, Pantai Ampenan, Kota Mataram.

Bagi para nelayan, musim baik saat ini memang tengah ramai-ramainya hasil tangkapan ikan. Namun tak seperti komoditi lainnya, untuk komoditi ikan tangkapan, semakin banyak panen maka harga jualnya murah.

“Tangkapan sedang rame karena musim ikan tongkol. Akibatnya harganya anjlok, karena stok berlimpah,” kata seorang nelayan pondok prasi yang ditemui Selly.

Sebagian ikan yang tidak terjual, akan diolah menjadi ikan asin atau pindang, sehingga daya tahannya bisa lebih lama dan bisa  laku di pasaran.

“Kalau musim cuaca buruk, bisa berbulan-bulan tidak melaut. Akhirnya tambal sulam berhutang di koperasi untuk bertahan hidup,” imbuhnya.

Sementara itu Hj. Selly Andayani mengaku prihatin dengan kondisi masyarakat pesisir dan nelayan di Kota Mataram. Karena itu, SALAM menggagas program kelautan dan perikanan terintegrasi.

“Dinas Kelautan dan Perikanan nanti akan bekerja dengan prioritas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir dan nelayan,” ujarnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *