Puluhan Rumah di Ombe Baru Terendam Banjir

by -3 views
Rumah salah seorang warga Ombe Baru yang terendam banjir. Foto: Istimewa.

Lombok Barat, suluhntb.com – Puluhan rumah warga di Desa Ombe Baru Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat terendam banjir. Hal ini akibat air sungai di desa tersebut meluap. Peristiwa ini terjadi saat hujan dengan intensitas tinggi dari siang hingga sore hari, Sabtu (01/5)

“Saat hujan air sungai tiba-tiba meluap dengan deras menuju permukiman, kejadiannya sekitar pukul 17:00. Ungkap salah satu warga yang saat itu berada di lokasi. Ungkap Rahmi warga yang saat kejadian berada di lokasi.

Ketinggian air yang menggenangi permukiman sekitar satu meter lebih. tidak hanya itu sejumlah pagar tembok rumah warga juga tergerus derasnya luapan air sungai.

Dengan kejadian ini pemerintah kabupaten Lombok Barat, Melalui BPBD Lobar memberikan respon cepat. Langsung turun melakukan monitoring, evakuasi dan mendata serta menyalurkan bantuan logistik.

Kalak BPBD Lombok Barat, Mahnan menyatakan kejadian seperti ini baru pertama kali terjadi di wilayah Kediri, Karena adanya pendangkalan sungai dan penyempitan saluran. Sehingga akan menjadi evaluasi kedepan secara tehnis untuk solusi jangka panjang.

“Banjir pertama di wilayah Kediri, disebabkan pendangkalan sungai dan penyempitan aliran sungai. Saat ini pihaknya tengah melakukan monitoring pendataan dan penyaluran logistik”, ungkapnya.

Sementara di tempat yang sama sekertaris Desa Ombe Baru, Khaerudin mengatakan sekitar 150 Rumah warga yang terdampak akibat luapan sungai, yakni berada di tiga Dusun. Ombe Dese, Ombae, dan Dusun Ombe Rerot Barat.

Ia Juga mewakili masyarakat Desa Ombe Baru menyampaikan Rasa Terima kasih kepada BPBD Lombok Barat, Karena telah memberikan respon cepat dan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak. Malihat dari kejadian ini perabotan rumah dan bahan makanan masyarakat rusak tidak dapat tertolong.

” Terimakasih kepada BPBD Lombok Barat yg cepat merespon dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir,” Tutupnya. (srj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *