Pemda KLU Berlakukan Perbup Pemberian Santunan Kematian Warga

by -66 views
Foto: ash/suluhntb.com

Tanjung, suluhntb.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 39/2019 tentang Pedoman Pemberian Santunan Kematian bagi Warga Lombok Utara.

Pemda KLU melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lombok Utara Drs. M. Faisol, MM menjelaskan Perbup itu nantinya diterapkan dan berlaku mulai tahun ini (16/1/2020). Ditambahkannya, apabila salah seorang warga Lombok utara meninggal dunia, maka Pemda memberikan santunan sebanyak 1 juta rupiah bagi keluarga yang berduka.

“Bila ada warga Lombok Utara yang meninggal dunia, Pemda memberikan santunan sebanyak Rp.1.000.000 (satu juta rupiah) dan ini berlaku untuk semua warga KLU, baik yang kaya atau miskin. Sebagai ucapan belasungkawa untuk meringankan beban keluarga yang ditinggalkan,” jelasnya.

Selain sebagai ungkapan belasungkawa kepada warga yang kekuarganya meninggal, tujuan diberlakukannya perbup itu adalah sebagai upaya pemda untuk menyinkronkan data kependudukan atau adminduk warga yang nantinya berkaitan dengan database Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil KLU.

“Dengan perbup ini, nantinya warga yang membuat akta kematian bisa langsung diurus di dukcapil,” urainya.

Kepada media ini, Faisol mengimbau kepada warga KLU apabila salah seorang keluarga atau warga meninggal supaya keluarga segera mengurus akta kematian keluarganya dengan syarat membuat surat keterangan kematian dari desa. Untuk diteruskan ke Dinas Dukcapil atau langsung ke Dinas Sosial paling lambat 40 hari terhitung dari sejak yang bersangkutan meninggal dunia.

“Apabila lebih dari 40 hari yang bersangkutan meninggal dunia namun akta kematian belum diurus keluarganya, maka pemda menganggap pihak keluarga tidak membutuhkan santunan,” ujarnya.

Pemda KLU menyisihkan anggaran untuk program tersebut dari APBD tahun 2020. (ash)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *