BAZNAS NTB Salurkan 2,84 Miliar Untuk GTT dan Siswa Berprestasi

by -45 views
Foto: istimewa.

Mataram, suluhntb.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyalurkan bantuan sebesar Rp2,84 miliar lebih. Bantuan diberikan kepada Guru Tidak Tetap (GTT) dan siswa miskin berprestasi di seluruh wilayah di NTB. Bantuan diberikan untuk memotivasi guru dan siswa berprestasi agar tetap semangat. Terlebih, meringankan beban mereka di tengah bencana non alam Covid-19.

“Pemberian bantuan bagi Guru tidak tetap dan siswa miskin berprestasi ini menjadi fokus BAZNAS NTB setiap tahunnya,” kata
Wakil Ketua II BAZNAS NTB, Abdul Hakim, Rabu (14/7/2021) usai pendstribusian ZIS kepada GTT dan siswa berprestasi kurang mampu se-NTB di Sekretariat BAZNAS NTB.

Hakim menjelaskan, jumlah GTT yang mendapatkan bantuan sebanyak 3.876 dengan total anggaran Rp1.162.800.000.
Sedangkan siswa miskin berprestasi sebanyak 2.304 dengan total anggaran sebesar Rp921.600.000. Mereka berasal dari 465 sekolah se NTB. Mulai dari MA, SLB, SMA DAN SMK.

“Bantuan disalurkan melalui rekening di masing-masing sekolah. Kegiatan hari ini pembagian secara simbolis saja” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I BAZNAS NTB, TGH. Fattimura Farhan mengatakan BAZNAS sangat peduli dan mendukung kemajuan dunia pendidikan. Hal ini terinspirasi dari peristiwa bom atom yang menghanguskan Hiroshima dan Nagasaki di Jepang tahun 1945. Waktu itu, Jepang sangat terpuruk.

“Saat itu Jepang memperbaiki keterpurukan dengan menyelamatkan dunia pendidikan. Khususnya, tenaga pendidik, yakni guru,” terangnya.

“Dulu kita mengirim guru ke Malaysia. Sekarang, kita mengirim TKI dan TKW. Hal ini disebabkan, kita tidak serius memperhatikan dunia pendidikan,” tambahnya.

Karena itu, lanjut mantan anggota DPRD NTB ini, BAZNAS NTB ingin mengambil peran untuk turut serta memajukan dunia pendidikan. Namun, besaran bantuan tidak banyak.

“Mohon diterima ya dengan ikhlas dan mohon juga doakan para muzakki dan kami sebagai pengelola agar terus bersinergi, berkomunikasi, dan bekerjasama dengan harapan dunia pendidikan di NTB semakin baik dan maju,” ujarnya.

Seluruh rangkaian penyerahan bantuan ini melalui protokol kesehatan covid-19 yang cukup ketat. (AJI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *